Pengantar Logika Informatika



PENGANTAR LOGIKA
  • Logika merupakan dasar dari semua penalaran (reasoning).
  • Logika “the calculus of computer science”
  • Logika memformalkan semantik bahasa
  • pemrograman dan spesifikasi program, serta menguji ketepatan suatu program


LOGIKA & PERNYATAAN
  • Logika, metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan penalaran serta mengkaji prinsip-prinsip penalaran yang benar dan penarikan kesimpulan yang absah.
  • Penalaran didasarkan pada hubungan antara pernyataan (statements).
  • Tujuan memberikan aturan-aturan sehingga orang dapat menentukan apakah suatu kalimat bernilai benar.


GAMBARAN UMUM
  • Logika Pasti, Logika tidak pasti
  • Logika pasti meliputi : Logika Pernyataan (Propotitional Logic), Logika Predikat (Predicate Logic), Logika Hubungan (Relation Logic) Logika Himpunan.
  • logika tidak pasti meliputi : Logika Samar atau kabur (Fuzzy Logic)

  • Logika Pernyataan membicarakan tentang pernyataan tunggal dan kata hubungnya sehingga didapat kalimat majemuk yang berupa kalimat deklaratif.
  • Logika Predikat menelaah variabel dalam suatu kalimat, kuantifikasi dan validitas sebuah argumen. Logika Hubungan mempelajari hubungan antara pernyataan, relasi simetri, refleksif, antisimtris, Etc.
  • Logika himpunan membicarakan tentang unsur-unsur himpunan dan hukum-hukum yang berlaku di dalamnya.
  • Logika Samar merupakan pertengahan dari dua nilai biner yaitu ya-tidak, nol-satu, benar-salah.



ALIRAN LOGIKA

  • TRADISIONAL
  • Pelopornya adalah Aristoteles (384-322 SM)
  • METAFISIS
  • Dipelopori oleh F. Hegel (1770-1831 M)
  • EPISTIMOLOGI
  • Diperkenalkan oleh FH. Bradley (1846-1924) dan
  • BernhardBosanquet (1848-1923 M).
  • INSTRUMENTALIS/FRAGMATIS
  • Dipelopori oleh Jhon Dewey (1859-1952)
  • SIMBOLIS
  • Pelopornya adalah Leibniz, De Morgan, dan Boole



LOGIKA & KOMPUTER
  • Arsitektur sistem komputer tersusun atas rangkaian logika 1 (true) dan 0 (false) yang dikombinasikan dengan sejumlah gerbang logika AND, OR, NOT, XOR, dan NAND. Program komputer berjalan di atas struktur.
  • penalaran yang baik dari suatu solusi terhadap suatu permasalahan dengan bantuan komponen program IF...THEN...ELSE, FOR...TO...DO, WHILE, CASE..., etc 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengantar Logika Informatika"

Posting Komentar